BAHAN AJAR MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN
Oleh Bpk. Dr. Jakfar Hasan, M.Pd
diupload oleh Ngafifah Noer
1. Tujuan Perkuliahan
a. Untuk memberikan mahasiswa kerangka dasar dalam melaksanakan penelitian
b. Untuk memberikan mahasiswa kemahiran dalam mempersiapkan dokumen-
dokumen yang diperlukan dalam melakukan penelitian
2. SAP
a. [Minggu 1] Pengenalan Kuliah dan Teori Latar Belakang Untuk Penelitian
b. [Minggu 2] Tema Penelitian
c. [Minggu 3] Literature Review
d. [Minggu 4] Investigasi, Observasi dan Wawancara
e. [Minggu 5] Sampling
f. [Minggu 6] Kuesioner dan Pengumpulan Data
g. [Minggu 7] Pengolahan, Penyajian Hasil danPenganalisaan
h. [Minggu UTS] UTS
i. [Minggu 8] Penulisan Proposal
j. [Minggu 9] Diskusi Tiga Dokumen Untuk Literature Review
k. [Minggu 10] Penulisan Tugas Akhir/Skripsi
l. [Minggu 11] Statistik dan Penelitian
m. [Minggu 12] Menulis Makalah Ilmiah
n. [Minggu 13] Presentasi Proposal Penelitian
o. [Minggu 14] Presentasi Proposal Penelitian
p. [Minggu UAS] UAS
3
METODE PENELITIAN
INTRO….
1. Metodologi:
Metode -> cara yg tepat utk melakukan sesuatu
Logos -> ilmu atau pengetahuan
Metodologi -> cara melakukan sesuatu dgn menggunakan pikiran secara
seksama utk mencapai suatu tujuan.
Penelitian -> suatu kegiatan utk mencari, mencatat, merumuskan dan
menganalisis sampai menyusun laporannya, terhadap suatu
permasalahan
2. Pendapat Orang:
Pemikiran yg sistematis mengenai berbagai jenis masalah yg pemecahannya
memerlukan pengumpulan & penafsiran fakta2 (David H. Penny)
Penyelidikan dr suatu bidang ilmu pengetahuan yg dijalankan utk memperoleh
fakta2 atau prinsip2 dgn sabar, hati2 serta sistematis (J. Suprapto MA)
Usaha utk menemukan, mengembangkan & menguji kebenaran suatu
pengetahuan (Sutrisno Hadi MA)
3. Pengertian:
Suatu cabang ilmu pengetahuan yg membicarakan /mempersoalkan mengenai
cara-cara melaksanakan penelitian (yaitu meliputi kegiatan2 mencari, mencatat,
merumuskan, menganalisis sampai menyusun laporannya) berdasarkan fakta2
atau gejala2 secara ilmiah.
Ilmu yg mempelajari cara2 melakukan pengamatan dgn pemikiran yg tepat
secara terpadu melalui tahapan2 yg disusun secara ilmiah utk mencari,
menyusun serta menganalisis & menyimpulkan data2, sehingga dpt digunakan
utk menemukan, mengembangkan & menguji kebenaran suatu pengetahuan
berdasarkan bimbingan Tuhan.
4
4. Perkembangan Metode Penelitian:
Trial and error
Problematic tidak dibatasi dgn jelas
Tata kerja & cara2 pemecahan masih dicari sambil berjalan
Observasi yg dilakukan sederhana & kualitatif
Mencoba & mencoba lagi
Authority & tradition
Pendapat2 pimpinan selalu dikutip & dijadikan doktrin yg harus diikuti.
Tradisi dlm kehidupan manusia memegang peranan penting.
Speculation & argument
Orang terlalu mendewakan akal & ketangkasan lidah, kebenaran dpt dicapai
dgn akal (pikir) & ucapan.
Hypothesis & eksperimen
Orang menggunakan ketajaman pikiran utk membuat dugaan2, mengumpulkan
fakta2, dan menarik kesimpulan2 umum.
Analisa dilakukan dgn hati2, cermat & tajam terhadap fakta2 yg diperoleh dari
eksperimentasi, dokumen2 sejarah, observasi2, dsb.
5. Ilmiah dan Non-Ilmiah:
Ilmiah: Dilakukan cara-cara dengan tata urutan tertentu sehingga tercapai ilmu
pengetahuan yg benar atau logis.
Skeptik : upaya utk selalu menanyakan bukti2 atau fakta2 terhadap setiap
pernyataan.
Analitik : kegiatan utk selalu menimbang-nimbang setiap permasalahan yg
dihadapi, mana yg relevan, mana yg menjadi masalah utama, dsb.
Kritik : berupaya utk mengembangkan kemampuan menimbangnya selalu
obyektif.
Non-Ilmiah:
Akal sehat (Common sense) : serangkaian konsep/bagan konsep utk
penggunaan secara praktis dlm memecahkan suatu masalah.
Prasangka : pencapaian pengetahuan yg diwarnai kepentingan orang yg
melakukannya -> pembuatan generalisasi yg terlalu luas.
Otoritas ilmiah : orang2 yg biasanya berpendidikan tinggi & dianggap
mempunyai keahlian.
Otoritas wibawa : orang2 yg dipilih atau dianggap sebagai pemimpin
masyarakat.
Penemuan kebetulan & coba-coba : didasarkan atas tindakan yg bersifat
untunguntungan.
Pendekatan intuitif (dorongan hati) : didapat melalui proses yg cepat tanpa
disadari atau terpikir lebih dulu
5
6. Jenis Penelitian:
Penggolongan menurut bidangnya: penelitian pendidikan, sejarah, bahasa, ilmu
teknik, ekonomi, dll
Penggolongan menurut tempatnya : lab., perpustakaan, lapangan
Penggolongan menurut pemakaiannya: murni, dan terpakai /terapan
Penggolongan menurut tujuan umumnya : eskploratif, developmental, dan
verifikatif
Penggolongan menurut tarafnya : deskriptif dan inferensial
7. Tahapan Penelitian Lapangan :
Menetapkan obyek atau pokok persoalan
Menentukan isi & meletakkan arah utk kegiatan2 penelitian
Menentukan metodologi yg cocok digunakan utk memecahkan masalah
Membatasi obyek
Membatasi luasnya & memberikan formulasi2 yg tegas terhadap pokok
persoalan
Pedoman kerja
Mencegah kemungkinan timbulnya kerancuan pengertian & kekaburan wilayah
persoalannya
Mengumpulkan data atau informasi
Data atau informasi yg berhubungan dgn pokok persoalan yg dikumpulkan
Mengolah data dan menarik kesimpulan
Menyaring & mengatur data atau informasi yg sudah masak.
Merumuskan dan melaporkan hasilnya
Melaporkan hasil penyelidikan ke public utk digunakan atau diuji kebenarannya
Mengemukakan implikasi2 penyelidikan
Menyebutkan konsekuensi2 terpenting dan rekomendasi2 utk aktivitas
dikemudian hari.
8. Tahapan Penelitian Murni:
Studi Literature:
Menetapkan Tema Penelitian
Mencari Satu atau Lebih Alternatif/Solusi Pemecahan
Mencoba Solusi-Solusi Tersebut dan Melakukan Perbandingan dengan Solusi
yang Sudah Ada
Melaporkan hasil
9. Tahapan Penelitian Pengembangan Sistem Informasi :
Studi Lapangan
Studi Literature
Analisa Sistem
Pengembangan Database
Pengembangan Sistem
6
Uji Coba
Penerapan
10. Tahapan Penelitian Pengembangan Sistem Terapan:
Studi Lapangan
Studi Literature
Penentuan Metode Yang Diterapkan
Analisa Sistem
Pengembangan Database (Optional)
Pengembangan Sistem
Uji Coba
Penerapan
7
Tema Penelitian …..
1. Pemilihan Tema Penelitian:
Unsur Utama
1. Tema penelitian belum pernah diteliti oleh orang lain
2. Tema penelitian dapat dijangkau
3. Tema penelitian berguna untuk diselidiki
Unsur Penunjang
1. Tema penelitian dapat dikuasai
2. Data tersedia untuk tema penelitian yang dipilih
3. Tema penelitian menarik untuk diselidiki
2. Belum Diteliti :
Tema penelitian yang dipilih belum pernah diselidiki orang lain
Perlu mengikuti studi literature yang lengkap dan mendetail
1. Harus ada yang lain dengan yang sudah pernah dilakukan: metode yang lain,
data yang lain, pembanding yang lain dll
Untuk penelitian terapan: perlu melakukan studi lapangan terhadap objek yang
menjadi tema penelitian
3. Dapat Diteliti :
Perlu untuk mempelajari apakah tema penelitian yang dipilih bisa diselidiki atau
tidak.
1. Tingkat kesulitan tema penelitian
2. Kondisi politik
3. Kondisi sosial ekonomi
4. Kondisi waktu
Jangan berpikir terlalu ideal, walaupun harus terus memikirkan bahwa penelitian
yang dilakukan harus berguna untuk kepentingan orang banyak
8
4. Signifikan :
Perlu untuk mempelajari apakah penelitian yang dilakukan benar-benar berguna
untuk kepentingan umum
1. Secara langsung kepada masyarakat
2. Terhadap ilmu pengetahuan
3. Terhadap sistem-sistem kemasyarakatan yang ada
4. Terhadap perusahaan-perusahaan swasta
Walaupun masih memiliki unsur prediksi, tetapi benar-benar perlu dilihat apakah
penelitian tersebut mempunyai nilai
5. Dapat Dikelola :
Ruang lingkup tema penelitian yang dipilih harus dapat diatur oleh peneliti yang
berkepentingan baik dari segi:
1. Isi penelitian
2. Kemampuan peneliti
3. Time-frame
Harus membuat kejelasan lingkup penelitian dan menyesuaikannya dengan time-
frame yang memungkinkan
6. Dapat Memberikan Hasil :
Perlu untuk mempelajari tingkat kemungkinan tema penelitian yang dipilih akan
memberikan hasil yang diinginkan
1. Metode yang tidak terlalu sulit
2. Lapangan yang memungkinkan untuk dijangkau
3. Responden yang memungkinkan untuk memberikan keterangan
4. Reference yang memadai
Perlu untuk mempersiapkan semua aspek, agar tidak mengalami kesulitan di
pertengahan jalan
7. Menarik :
Walaupun hal ini merupakan faktor pendukung, tetapi merupakan hal yang
mempunyai dukungan terbesar keberhasilan suatu penelitian
9
Peneliti harus mempunyai minat yang cukup tinggi terhadap tema penelitian yang
akan diselidiki
1. Idealnya, jangan memilih topik atas permintaan orang lain. Akan tetapi perlu
juga untuk mengetahui apakah peneliti itu mempunyai kemampuan untuk
melakukannya.
Diskusi antar stakeholders sangat diperlukan
8. Sumber Tema Penelitian :
Studi Literature
1. Tulisan ilmiah, buku-buku, majalah dll
Studi Lapangan
1. Pemerintah, Perusahaan, Sekolah, Kota, Desa dll
Diskusi Ilmiah
1. Diskusi ilmiah khusus maupun diskusi umum dengan para stakeholders
Pemikiran Sendiri
1. Berdasarkan pengalaman atau pengamatan sendiri
9. Teori dan Hipotesis :
Teori
1. Merupakan landasan dasar suatu permasalahan
2. Umumnya sudah terbukti kebenarannya
Hipotesis
1. Landasan dasar yang perlu dibuktikan kebenarannya
2. Null Hypothesis (H0): Hypothesis yang menyatakan bahwa karakteristik sample
hasil penelitian sama dengan karakteristik sample awal
3. Alternative Hypothesis (Ha): Hypothesis yang menyatakan bahwa karakteristik
sample hasil penelitian berbeda dengan karakteristik sample awal
10. Teori dan Hipothesis (Examples) :
Teori
1. A (1996) menjelaskan bahwa jumlah kelompok mutual funds tergantung pada
karakteristik dari fund yang ada
2. B (2005) menyatakan bahwa kinerja sebuah universitas akan lebih efektif bila
lebih banyak penelitian tercakup di dalam kurikulum
Hipothesis
10
1. Jumlah kelompok mutual funds tergantung pada karakteristik dari fund yang ada
2. Kinerja sebuah universitas akan lebih efektif bila lebih banyak penelitian
tercakup di dalam kurikulum
11. Pemilihan Tema Untuk Pengembangan Sistem :
Studi lapangan, studi literature, dan diskusi
Tidak perlu mengembangkan hypothesis
Teori-teori yang perlu dipelajari umumnya berguna agar pengembangan sistem dan
sistem yang dikembangkan dapat menjadi lebih efektif dan efesien
Hati-hati: Karena duplikasi topik akan mudah untuk terjadi, terutama dengan topik
yang sudah dikembangkan di institusi-institusi lain
LITERATURE REVIEW …..
1. Literature Review
Definisi, Langkah-Langkah, Sumber dan Hal-hal yang perlu dicatat
Hal-hal yang perlu diperhatikan :
1. Skimming, Paragraph Statement, Document Statement, Paraphrasing, Citing,
List of Publications
English: Is a critical analysis of the research conducted on a particular topic or
question in the field of science
Bahasa Indonesia: Merupakan analisa berupa kritik (membangun maupun
menjatuhkan) dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik khusus atau
pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan
Literature Review Bukan Summary
Literature Review merupakan cerita ilmiah terhadap suatu permasalahan tertentu
Contoh 1 :
Keenam permasalahan ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan
pada saat menggunakan K-Means dalam mengelompokkan data.
Permasalahan 1 umumnya disebabkan oleh perbedaan proses inisialisasi
anggota masing-masing cluster. Proses initialisasi yang sering digunakan
adalah proses inisialisasi secara random. Dalam suatu studi
perbandingan[13], proses inisialisasi secara random mempunyai
11
kecenderungan untuk memberikan hasil yang lebih baik dan independent,
walaupun dari segi kecepatan untuk converge lebih lambat.
Contoh 2 :
Permasalahan 2 merupakan masalah laten dalam metode KMeans.
Beberapa pendekatan telah digunakan dalam menentukan jumlah cluster
yang paling tepat untuk suatu dataset yang dianalisa termasuk di antaranya
Partition Entropy (PE)[3] dan GAP Statistics[15]. Satu hal yang patut
diperhatikan mengenai metode-metode ini adalah pendekatan yang
digunakan dalam mengembangkan metode-metode tersebut tidak sama
dengan pendekatan yang digunakan oleh K-Means dalam mempartisi data
items ke masing-masing cluster.
2. Hal-hal yang harus dilakukan
Mengerti penelitian dan metode yang digunakan sebelumnya
Menemukan apa yang masih bisa dikerjakan
Memperjelas kesalahan, kesulitan dan masalah etika yang dihadapi orang lain
untuk membantu time management dan uang pada saat melakukan penelitian
Meneliti organisasi/perorangan yang tertarik untuk melakukan penelitian tersebut
termasuk pesaing dan partner
Mendefinisikan parameters yang menjadi bagian dari penelitian yang akan
dilakukan
3. Langkah-Langkah
Mencari penelitian yang sekarang ini sedang dilakukan dari publikasi publikasi yang
sudah ada
Buat summary dan catat isi dari publikasi-publikasi tersebut
Gabungkan menjadi satu cerita ilmiah yang lengkap mengenai suatu permasalahan
4. Sumber
Artikel Jurnal Yang Direview Berpasangan (Peer-reviewed Journal Articles):
Sumber Yang Paling Bagus
12
Sumber Utama: jurnal, laporan penelitian, informasi dari wawancara/email
Sumber Lanjutan: analisa terhadap sumber utama
Komunitas Profesional
5. Yang Perlu Dicatat
Penulis
Judul
Sumber (Nama Jurnal atau Prosidings)
Tujuan Penelitian
Hypothesis
Metode Penelitian, Material, and Disain Eksperimen
Data/Hasil
Kesimpulan/Diskusi
6. Hal-hal yang perlu diperhatikan (Detail di Belakang)
Skimming
Paragraph Statement (Kalimat Utama di dalam suatu paragraph)
Document Statement (Kalimat Permasalahan/Tema Penelitian)
Paraphrasing
Citing
Daftar Pustaka
7. Skimming, Paragraph & Document Statement
Skimming: Proses membaca dokumen objek secara cepat sambil mengambil inti-
inti dari setiap paragraph.
1. Membantu melakukan review dengan lebih cepat dan menyeluruh
Paragraph Statement: Kalimat terpenting di dalam suatu paragraph
1. Membantu mengerti paragraph objek
Document Statement: Statement utama dalam dokumen objek
1. Membantu mengerti tema keseluruhan dari dokumen objek
8. Paraphrasing
13
Paraphrasing: melakukan pengungkapan ulang terhadap statement yang ingin
dicantumkan dengan cara yang berbeda dengan aslinya.
Paraphrasing ini menghindarkan kita untuk mengutip statement seseorang secara
langsung persis seperti apa yang diungkapkan oleh orang itu
9. Contoh Paraphrasing - one statement
Dokumen asli: Kehadiran Data Mining dilator belakangi dengan problema data
explosion yang dialami akhir-akhir ini dimana banyak organisasi telah
mengumpulkan data sekian tahun lamanya.
Paraphrasing: Data yang telah dikumpulkan organisasi selama beberapa tahun
lamanya berakibat pada munculnya problema data explosion yang kemudian
berlanjut dengan kehadiran keilmuan Data Mining (Yudho Giri Sucahyo, 2003)
10. Contoh Paraphrasing – multiple statement
Dokumen asli 1: Kehadiran Data Mining dilatar belakangi dengan problema data
explosion yang dialami akhir-akhir ini dimana banyak organisasi telah
mengumpulkan data sekian tahun lamanya.
Dokumen asli 2: Perkembangan Data Mining yang pesat tidak dapat lepas dari
perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan data dalam jumlah besar
terakumulasi.
Paraphrasing: Kehadiran dan perkembangan Data Mining dipengaruhi oleh
perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan organisasi untuk
mengumpulkan data dalam jumlah besar (Yudho Giri Sucahyo, 2003; Iko
Pramudiono,
2003)
11. Citing
Citing: mencantumkan penulis buku, jurnal, proseding, internet terhadap
1. Pernyataan orang lain secara langsung
2. Pernyataan orang lain dalam bentuk paraphrasing
Contoh :
1. A (1990) stated that information technology is a global phenomena
2. Information technology in the form of computer and communication technology
has been used globally all around the world (A, 1990; B, 1985)
14
12. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka: memasukkan publikasi yang dijadikan referensi
1. Buku
- A (1990). Introduction to Information Technology. MIT-Press, Washington.
2. Jurnal
- A(1990). The effect of information technology on people’s life. Journal of
Information Technology. Vol 1 (Summer), MIT-Press, Washington, pp. 140-
152.
3. Prosiding
- A(1990). The effect of information technology on people’s life. Proceeding of
Information Technology Conference (B edt.), MIT-Press, Washington, 140-
152.
4. Internet
- http://www.informationtechnology.com/publications/2345.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar